Header Ads

Lahan Seluas 1.500 Meter Persegi Siap Dihibahkan Oleh Pemkot Bandung Untuk Mendukung Pembangunan Flyover Nurtanio

imbbandung.comPemerintah Kota Bandung akan menghibahkan lahan seluas 1500 meter persegi untuk mendukung pembangunan Flyover Nurtanio yang menghubungkan Jalan Abdurahman Saleh-Garuda atau kawasan Nurtanio.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandung (Sekda)  Ema Sumarna saat meninjau  lokasi pembangunan Flyover Nurtanio di kawasan Cicendo dan Andir pada Rabu, 8 Maret 2023. 

Disumbangkan atas permintaan Kementerian PUPR. kami sedang melihat tanah milik pemkot, berapa yang akan diambil flyover ini," ujarnya. 

“Setelah dilakukan pengukuran, sekitar 1500 meter tanah pemkot disumbangkan untuk mendukung flyover nurtanio,” imbuhnya.

Selain itu, Ema memastikan dalam auditnya bahwa Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang menjadi tujuan pembangunan akan direkonstruksi. 

“Perlu transformasi, terutama di kawasan hijau terdampak yang perlu direstorasi. Tentu taman tidak bisa hilang,” ujarnya. 

Sehubungan dengan progres pembangunan tersebut, menurut Ema, saat ini sedang disiapkan penetapan lokasi (Penlok) dan proses pembebasan lahan. Menurut dia, sekitar 81 bangunan terdampak. 

"Semua penduduk, baik  Andir maupun Cicendo, dinyatakan "clear". Ini adalah kemajuan yang  luar biasa. Soal administrasi, salah satunya penlock, minggu ini harus sudah selesai,” kata Ema. 

Menurut Ema, flyover Nurtanio setelah selesainya kereta cepat dapat meningkatkan nilai manfaatnya. dan meminimalisir  kemacetan di area tersebut. 

“Saya yakin flyover ini akan memiliki nilai yang luar biasa untuk meminimalisir kemacetan yang sering terjadi di kawasan tersebut,” katanya.

Panjang flyover Nurtanio direncanakan mencapai  sekitar 937 meter. dan rentang konstruksi  210 meter. Membentang sepanjang 550 meter dari Jalan Nurtanio hingga Jalan Abdurahman Saleh Kota Bandung. 

Rencana  pembangunan flyover Nurtanio sepanjang 550 meter  akan dimulai pada bulan Agustus  tahun 2023.

Pekerjaan konstruksi dijadwalkan selesai pada  April 2024 dan perkiraan waktu konstruksi sekitar 14 bulan. 

Pembangunan flyover Nurtanio merupakan program pemerintah pusat yang dilaksanakan di Wilayah Kota Bandung.

Sumber : Humas Kota Bandung
Diberdayakan oleh Blogger.