Header Ads

Mengenal 7 Macam Gaya Arsitektur Rumah yang Perlu Diketahui!!


Ada banyak sekali sebutan istilah dalam arsitektur rumah seperti “minimalis modern, skandinavian, industrial dan masih banyak lagi. Istilah tersebut seringkali kita dengar ataupun kita baca dari media massa, tujuannya agar memperoleh kesan rumah yang dirancang dengan gaya baru, modern dan selera yang kekinian.

Berikut adalah beberapa istilah gaya dalam dunia arsitektur :

1. Gaya Arsitektur Minimalis
Banyak sekali orang-orang yang menyangka bahwa gaya minimalis itu muncul pada 10 tahun terakhir, pada kenyataannya gaya minimalis sudah ada sejak dahulu hanya saja orang awam terutama orang-orang Indonesia banyak yang baru tahu ada gaya minimalis sejak 10 tahun terakhir ini. ciri khas dari rumah minimalis adalah menggunakan dak beton mengikuti bentuk dasar polos atau tanpa ornament, serta menggunakan dua kombinasi material.

Dengan mengetahui gaya minimalis ini dapat kita simpulkan bahwa inti dari gaya minimalis adalahkesederhanaan, plat, monokrom menyingkirkan bagian yang tidak perlu.

2. Gaya Arsitektur Modern
Rumah gaya modern mempunyai bentuk atap segitiga/perisai sedangkan rumah minimalis identik dengan atap dak beton atau atap rata. Untuk rumah gaya modern menghadirkan jendela atau bukaan yang memadai rumah karena rumah akan terasa panas. Hal ini merupakan salah satu teori dasar interior Jadi jika anda ingin membuat rumah yang terasa adem usahakan menghindari bukaan jendela di bagian barat.

3. Gaya Arsitektur Klasik
Rumah gaya klasik akan memberikan kesan yang anggun dan mewah ciri hal rumah dengan gaya klasik adalah pemakaian pilar-pilar ornamen dan profil-profil.

4. Gaya Arsitektur Kontemporer
Rumah gaya Kontemporer adalah masa kini atau masa sekarang, jadi rumah dengan desain kontemporer tentu akan berubah dari masa ke masa jadi desain rumah dengan gaya kontemporer akan selalu mengikuti perkembangan dan tren desain Pada masa itu. Penggunaan bahan-bahan alami menghadirkan tanaman hias dan memadukan bangunan dengan lingkungan yang alami adalah ciri khas dari rumah kontemporer.

5. Gaya Arsitektur Scandinavian
Desain dengan gaya scandinavian Masih membantu pilihan gaya dalam mendandani interior rumah sampai saat ini, gaya scandinavian yang terkenal dengan suasana yang serba putih dengan pilihan furniture kayu berwarna terang, luas dan bersih membuat gaya interior ala skandinavian ini sangat disukai terutama oleh keluarga muda masa kini.

6. Gaya Arsitektur Industrial
Rumah bergaya industri yang sama seperti namanya gaya dengan desain industrial ini terinspirasi dari sebuah industri atau pabrik. maka dari itu dinding bata ekspos struktur pipa pipa air detailing yang terlihat jelas serta barang daur ulang adalah beberapa ciri gaya industrial yang dianggap efisien dari segi material, setelah dilupakan dan ditinggalkan gaya industrial pada pabrik dan gudang kini sangat diminati untuk tempat tinggal dan bisnis cafe pada zaman sekarang kebanyakan cafe memakai gaya industrial.

7. Gaya Arsitektur Rustic
Gaya arsitektur ini dipengaruhi oleh gaya pengrajin Amerika dalam bahasa Indonesia gaya Rustic diartikan berkarat ataupun tua Gaya ini diartikan mempunyai tekstur yang kasar dan tidak difinishing dengan baik maksudnya adalah penataan desain rumah dan interior yang lebih menitikberatkan pada kesan alamiah material dinding dibiarkan seperti aslinya furniture dari bongkahan kayu atau lampu gantung berkarat adalah ciri khas dari gaya Rustic.

Itulah pembahasan kita tentang gaya yang ada di arsitektur, pasti anda banyak yang salah sangka tentang gaya minimalis atau gaya yang lain. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Jadi kalian suka desain arsitektur yang bergaya apa nih? Tentunya harus disesuaikan dengan budget dan lingkungan sekitar juga barangkali yaaa!!
Diberdayakan oleh Blogger.